Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

AKFAR ISFI Berpartisipasi pada ANNUAL MEETING 2016-LAMPTKES : SEMINAR & KLINIK AKREDITASI

Filed Under: Berita dan Informasi Rabu, 23 November 2016 pukul 08:06 WITA — Dilihat 429 kali
Bagikan Informasi Ini

20161122-annual-meeting-lamptkes01

Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yang dalam bahasa Inggris adalah Indonesian Accreditation Agency for Higher Education in Health (IAAHEH) yang didirikan pada awal tahun 2014 sebagai badan hukum perkumpulan yang didirikan oleh Organisasi Profesi dan Assosiasi Institusi Pendidikan bidang ilmu kesehatan yang meliputi IDI, AIPKI, PDGI, AAAFFFDOKGI, PPNI, AIPNI, IBI, AIPKIND, IAI, APTFI, PERSAGI, AIPGI, IAKMI, AIPTKMI. Pada dasarnya LAM-PTKes sebagai LAM milik masyarakat, serta melibatkan BAN-PT dalam proses pengembangan sistem akreditasi LAM-PTKes. Sejak awal berdiri, kegiatan pertemuan tahunan LAM-PTKes (IAAHEH Annual Meeting) pertamakali diselenggarakan pada tahun 2016 yaitu diselenggarakan pada tanggal 19 dan 20 Nopember 2016 di Hotel Century Park, Senayan Jakarta. Dalam hal ini Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebagai salah satu institusi Pendidikan di bidang kesehatan ikut berpartisipasi aktif dalam acara tersebut. Delegasi dari AKFAR ISFI Banjarmasin di wakili oleh Wadir I Bagian Akademik, Ibu Erna Prihandiwati SF.,Apt.

 img_2104Kegiatan IAAHEH Annual Meeting yang diadakan meliputi seminar, klinik akreditasi, lokakarya dan pameran pendidikan. Kegiatan ini melibatkan berbagai tokoh pendidikan dan kesehatan di tingkat nasional dan juga internasional. Dimana tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran program studi tentang pentingnya akreditasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam penjaminan mutu, menginformasikan perkembangan dan kemajuan LAM-PTKes, menampung informasi dan masukan untuk menampung kinerja LAM-PTKes. AKFAR ISFI Banjarmasin mengikuti kegiatan seminar pada hari sabtu, 19 Nopember 2016 yang dilanjutkan dengan klinik akreditasi sampai minggu, 20 Nopember 2016. AKFAR ISFI Banjarmasin mengikuti kegiatan ini sampai klinik akreditasi dalam rangka untuk lebih mempersiapkan reakreditasi kampus yang pertama kali dari LAM-PTKes terutama untuk borang akreditasi sehingga minimal dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan hasil akreditasi program studi AKFAR ISFI Banjarmasin sehingga lulusan dari AKFAR ISFI Banjarmasin berkompeten dan mampu bersaing dengan lulusan laen dengan prodi yang sama dan mampu menghadapi dan menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

 Kegiatan hari pertama, sabtu 19 Nopember 2016 diawali dengan laporan dan sambutan Panitia Pertemuan Tahuna LAM-PTKes 2016 oleh Ketua Umum LAM-PTKes oleh Prof usman Chatib Warsa, kemudian dilanjutkan sambutan dan keynote dari Bapak Menristekdikti : Peran LAM-PTKes dalam Peningkatan Mutu Berkelanjutan Program Studi Kesehatan melalui Akreditasi di Masa Mendatang.

Dilanjutkan sambutan dan keynote dari Menteri Kesehatan dalam hal ini diwakili tentang “Tuntutan Mutu Dari Lulusan Pendidikan Tinggi Kesehatan” dan ditutup dengan pemberian piagam penghargaan dari LAM-PTKes untuk Prodi Peringkat Akreditasi A oleh Bapak Menristekdikti dalam hal ini terwakili oleh 10 institusi yang telah ditunjuk.img_2103

Acara seminar pada sesi 1 paralel yang meliputi “Peran LAM-PTKes dalam meningkatkan Mutu Program Studi Kesehatan” (Ketua RA LAM-PTKes), “Kebijakan tentang Kesinambungan SPMI dan SPME dalam rangka Peningkatan Mutu Prodi”( Bapak DitJen Belmawa Kemenristekdikti), “Dukungan dan Konsekuensi bagi prodi dalam rangka implementasi Peraturan Menristekdikti RI No 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Prodi dan PT” (DirJen Kelembagaan Iptek dan Dikti), “Kebijakan Sistem Akreditasi Nasional” (Ketua BAN-PT).

Acara seminar pada sesi kedua paralel yang diberikan dari WHO Representative for Indonesia, IAAHEH Recognition by Asia Pasific Quality Network (APQN) dan IAAHEH Recognition for Medical Profession by World Federation for Medical Education (WFME).

AKFAR ISFI Banjarmasin berpartisipasi aktif dalam acara kegiatan seminar ini di sesi klarifikasi untuk bisa lebih mempersiapkan dalam reakreditasi kampus yang pertama dari LAM-PTKes.

img_2101Kemudian dilanjutkan kegiatan klinik akreditasi sampai dengan hari minggu, 20 Nopember 2016 jam 12.00 WIB dimana semua peserta dibagi dan didistribusikan sesuai dengan bidang institusi. Dalam hal ini dibagi menjadi 10 ruang. Setiap ruang klinik akreditasi diberi pengarahan dan penjelasan dalam proses pengisian borang akreditasi baik Borang Prodi (3A), Borang UPPS (3B) dan Evaluasi Diri dari 7 standar oleh 2 orang assesor dari LAM-PTKes. Kemudian diakhiri dengan kegiatan paparan dan review borang 3A, 3B dan evaluasi diri oleh assesor. Dalam hal ini AKFAR ISFI Banjarmasin masuk dalam ruang klinik akreditasi 10 di lantai 15 gabung dengan bidan Ilmu Gizi, analis kesehatan, rekam medik. Assesor yang mendampingi dan memfasilitasi di ruang klinik akreditasi 10 adalah ibu nurul dari UNAIR dan Bapak Dadang dari IPB. Setelah paparan acara klinik ini ditutup dengan penjelasan tentang mekanisme SIMAK ONLINE dari bagian IT LAM-PTKes

Agenda pertemuan tahunan ini merupakan yang pertama dan harapan dan kedepannya akan diadakan kembali klinik akreditasi sesi yang ke 2 untuk memfasilitasi institusi dalam proses mempersiapkan isian borang baik untuk akreditasi awal ataupun reakreditasi oleh LAM-PTKes.

Semoga dengan mengikuti agenda annual meeting dan klinik akreditasi ini AKFAR ISFI Banjarmasin bisa lebih siap dalam seluruh isian borang untuk reakreditasi kampus dan hasil reakreditasi nanti bisa lebih baik dan meningkatkan dari akreditasi sekarang dan minimal bisa mempertahankan akreditasi yang sekarang aamiin. Sehingga sesuai deng visi dari AKFAR ISFI Banjarmasin mampu menjadi salah satu PT yang unggul, berkompeten ditingkat nasional dengan didukung TIK.

 Salam Sukses Luar Biasa untuk semua civitas akademika AKFAR ISFI Banjarmasin (RNA2016)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas