Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Alumni Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Berhasil Lolos Dalam Program Nakes Nusantara Sehat

Filed Under: Berita dan Informasi Sabtu, 16 April 2016 pukul 14:51 WITA — Dilihat 553 kali
Bagikan Informasi Ini

Alumni akfar isfi bjm

Program Nusantara Sehat melalui penempatan tenaga kesehatan berbasis tim,  dilakukan berdasarkan hasil kajian terhadap distribusi tenaga kesehatan  yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2012.  Salah satu rekomendasi kajian menunjukkan bahwa penempatan tenaga  kesehatan untuk daerah tertentu lebih baik jika dilakukan berbasis tim. Kajian tersebut ditindaklanjuti dengan uji coba penempatan tenaga kesehatan berbasis tim pada tahun 2014 di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Propinsi (Prop. Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Maluku dan Papua) dan berhasil meningkatkan  kunjungan Puskesmas serta Upaya Kesehatan Masyarakat. Dari segi tenaga kesehatan mereka merasa lebih nyaman karena ditempatkan dan bekerja dalam satu tim. Pada tahun 2015 telah ditempatkan Tim Nusantara Sehat Periode I sebanyak 142 orang di 20 puskesmas pada bulan Mei 2015 dan Tim Nusantara Sehat Periode II sebanyak 552 orang  di 100 puskesmas pada bulan Desember 2015.

Pendekatan yang dilakukan program Nusantara Sehat bersifat komprehensif dengan melibatkan anggota tim dengan berbagai jenis tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian.

Dalam program ini diikuti oleh seluruh alumni kampus-kampus yang ada di Nusantara dan Alhamdulillah seorang alumni Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dapat lolos dalam program ini, Alumni tersebut atas nama Aspiadi dengan NIM 124101484010011 dan telah berstatus lulus pada Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

 

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas