Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Asistensi Penyusunan Statuta untuk PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XI Kalimantan

Kegiatan Dosen Selasa, 23 Oktober 2018 pukul 15:53 WITA — Dilihat 65 kali
Bagikan Informasi Ini

berita asistensi

Dalam rangka agar tata kelola perguruan tinggi dapat dijalankan dengan baik, maka organisasi dan mekanisme pengelolaan perguruan tinggi tersebut harus diatur dalam sebuah peraturan yang disebut Statuta Perguruan Tinggi. Untuk hal tersebut, maka Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI Kalimantan mengadakan Asistensi Penyusunan Statuta untuk PTS Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah pada tanggal 15-16 Oktober 2018, bertempat di Aquarius Boutique Hotel, Palangkaraya.

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebagai salah satu dari 109 Perguruan Tinggi Swasta yang diundang mengirimkan Wakil Direktur III Aditya Maulana Perdana Putra, S.Farm., M.Sc., Apt dan Unit Penjaminan Mutu Siska Musiam, S.Si., M.Si., untuk mengikuti kegiatan tersebut. Narasumber dari kegiatan ini adalah Dr. Misransyah Akos, SE., M.Si., dan Agus Mawardi, S.ST., M.AP dari STIA Bina Banua Banjarmasin, serta Prof. Dr. Johannes Gunawan, SH., LL.M dan Prof. Dr. Bernadette M. Waluyo, SH., MH.CN dari Direktorat Pengembangan Kelembagaan, Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti.

Dalam kegiatan ini disampaikan materi tentang Tata Cara Pembuatan Statuta, Gambaran Statuta yang Ada di PTS, Penyusunan Statuta PTS berdasarkan Permenristekdikti Nomor 16 Tahun 2018, dan Penyusunan Peraturan Yayasan tentang Statuta PTS.

Dari materi kegiatan ini dipahami bahwa Statuta adalah pedoman yang paling dasar dalam penyelenggaraan kegiatan yang digunakan sebagai acuan untuk merencanakan, mengembangkan program dan penyelenggaraan kegiatan fungsional sesuai dengan tujuan perguruan tinggi yang bersangkutan. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sudah memiliki Statuta sejak tahun 2014 yang ditetapkan dengan Peraturan Yayasan Pembangunan Insan Farmasi Indonesia Banjarmasin Nomor 28 Tahun 2014. Akan tetapi mengingat ditetapkannya Permenristekdikti Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pedoman Tata Cara Penyusunan Statuta Perguruan Tinggi Swasta pada tanggal 11 April 2018, maka diperlukan beberapa penyesuaian agar agar statuta Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sesuai dengan pedoman pemerintah.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas