Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Berlari dan Melompat untuk Akselerasi Akreditasi Optimal

Berita dan Informasi Selasa, 13 Februari 2018 pukul 14:33 WITA — Dilihat 215 kali
Bagikan Informasi Ini

20180212_093650

Mulai hari Senin hingga Selasa (12 dan 13 Februari 2018) dilaksanakan Rapat Kerja Wilayah Kopertis Wilayah XI. Tema yang diusung adalah “Terus Berlari Sambil Melompat untuk Percepatan Akreditasi Optimal PTS Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Era Revolusi Industri 4.0”. Rakerwil ini dihadiri 152 PTS unsur Pimpinan (Rektor/Ketua/Direktur) dan 153 pengurus Yayasan.

Pada sambutannya Prof. Dr. Ir. H. Idiannor Mahyudin, M.Si selaku Koordinator Kopertis menyampaikan bahwa kalau tidak sambil melompat kita akan tertinggal, kita perlu berlari sambil melompat. Karena orangpun berlari. Maka berlari sambil melompat merupakan suatu inovasi mengejar ketertinggalan.

“Jangan hanya bisa bikin anak (mendirikan PT), tanpa bisa memelihara dan membina dengan baik PT nya. Jangan sampai otonomi membuat kita tidak berdaya. Jangan sampai gara-gara uang banyak lalu terjadi perebutan. Muncul pimpinan ganda”, demikian ujar bapak koordinator. Selanjutnya menurut berliau bahwa  pimpinan PT harus menyadari bersama bahwa era revolusi industri 4.0 bhw kita bekerja dalam koridor teknolofi informasi. Beliau mengingatkan bahwa mahasiswa adalah anak kita, maka layaknya mendidik mahasiswa selayaknya anak sendiri. “Jangan bekerja seadanya, jangan mengajar seadanya sebagai dosen”, tegas beliau. pimpinan PT harus  memiliki Program kerja tiap tahun yang disahkan oleh senat.

Penting untuk setiap pemangku kepentingan PTS untuk memahami era revolusi industri 4.0. Pada era ini semua kegiatan harus berbasis IT. Mengajar, meneliti, dan pengabdian masyarakat dsb harus sudah mengarah ke basis online. Kalau perlu berfikir untuk 20-50 tahun ke depan. Orangnya boleh sekarang, tapi cara berfikirnya harus 10-20 atau bahkan 50 tahun ke depan. Karena kita mendidik generasi masa depan untuk mencetak generasi yang berpengatehuan, terampil dan berkepribadian.

Sebagai moment menandaai kesiapan Kopertis menghadapi era revolusi industri 4.0 maka hari ini akan dicanangkan sistem persuratan online dan sistem pengajuan jabatan fungsional dosen online. Tidak ada cara lain untuk mempercepat pelayanan dengan efektif dan efisien selain dengan pelayanan publik berbasis online. Selain itu Bapak Koordinator menegaskan bahwa mulai bulan ini atau paling lambat Maret 2018, pelayanan pembayaran serdos akan dilaksanakan per bulan. Maka dosen wajib memberikan LKD tepat waktu.

Diakhir sambutannya bapak koordinator Kopertis Wilayah XI yang energik ini menutup dengan pesan terkait kompetensi PTS. Bahwa jadikanlah Kompetensi yan dimiliki PTS masing-masing untuk digunakan semaksimal mungkin mendukung program kerja pemerintah khususnya di daerah masing-masing. Salah satunya bidang pariwisata yang memiliki peluang yang sangat baik. (yugs2018)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas