Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

BPJS Kesehatan – AKFAR ISFI Siap Lakukan Join Research

Filed Under: Berita dan Informasi Sabtu, 11 Februari 2017 pukul 09:11 WITA — Dilihat 528 kali
Bagikan Informasi Ini

20170209 bpjs0102-horz

AKFAR-ISFI NEWS. BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin siap melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi Swasta di Wilayah Kopertis XI termasuk dengan Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Pernyataan ini terungkap pada Focus Group Discussion yang dilaksanakan BPJS bekerjasama dengan Kopertis Wil XI di kantor Kopertis, Kamis 09 Februari 2017. Pada kesempatan tersebut Yugo Susanto, S.SI., M.Pd., M.Farm., Apt  selaku direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang didampingi ketua Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (Riza Alfian, S.Farm., M.Sc., Apt) mengajukan pertanyaan, dan saran terkait MOU yang digagas oleh BPJS Kesehatan. Diajukan saran oleh direktur untuk memperluas cakupan kerjasama tidak hanya pada recruitmen kepesertaan mahasisswa pada program BPJS Kesehatan namun juga pelibatan BPJS Kesehatan sebagai mitra bagi perguruan tinggi dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin dr. Nyoman Wiwiek Yuliadewi, AAK menyambut baik usul direktur Akfar ISFI tersebut. Beliau membuka diri dan menawarkan salah satu bentuk kerjasama yang dapat dilakukan misalnya dengan melaksanakan join research.

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebagai salah satu peserta yang di undang pada pertemuan tersebut sangat antusias untuk merealisasikan ide kerjasama tersebut. Mengingat banyak penelitian yang sangat relevan untuk dapat dikerjasamakan dengan pihak BPJS Kesehatan. Diharapkan kerjasama ini akan memperluas akses, dan manfaat penelitian dari perguruan tinggi untuk didayagunakan masyarakat. Penelitian terkait pelayanan BPJS Kesehatan sudah banyak dilakukan oleh Akfar ISFI Banjarrmasin. Namun hasil-hasil penelitian tersebut hanya menjadi pustaka yang tersimpan di rak dan lemari perpustakaan serta terpublikasi melalui open jurnal sistem (OJS) melalui Jurnal Ilmiah Ibnu Sina. Ke depan dengan kerjasama yang akan dijalin dengan BPJS Kesehatan diharapkan hasil-hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan kajian untuk kebijakan dalam rangka memberikan layanan terbaik bagi peserta BPJS Kesehatan.

Pertemuan yang digelar di Aula Kopertis wil XI tersebut diikuti pimpinan perguruan tinggi swasta di wilayah Banjarmasin dan sekitarnya, dibuka oleh Sespel Kopertis wil XI Bapak Muntaha mewakili bapak koordinator. Agenda utama adalah sosialisasi kepada perguruan tinggi perihal BPJS Kesehatan dan upaya rekruitment mahasiswa dalam kepesertaan BPJS melalui skema PBPU (Peserta Bukan Penerima Upah). Dilanjutkan dengan tanya jawab dan diskusi terarah (FGD) terkait layanan BPJS Kesehatan. Diharapkan ada komitmen bersama untuk menyukseskan program BPJS Kesehatan untuk dilanjutkan ke tahap penandatangan MOU antara masing-masing PTS dengan BPJS Kesehatan. (yugs2017)

To be SMART campus,  To create SMART people, Suport by SMART technology

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas