Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Di Balik Sejarah Logo Farmasi

Filed Under: Berita dan Informasi Senin, 23 November 2015 pukul 03:30 WITA — Dilihat 1,051 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar-isfibjm.ac.idAkfar-isfibjm.ac.id – Jika kamu berkunjung ke sebuah apotek, kamu akan menemui logo ular yang melilit dalam sebuah piala. Yups, itulah logo yang khas dalam dunia farmasi. Sebenarnya banyak sekali versi logo farmasi, akan tetapi jenis logo ini yang paling populer di seluruh dunia. Pemilihan logo seperti ini tidak berdasarkan suka-suka atau iseng. Melainkan ada filosofi dan sejarah di balik penciptaannya.

Dikutip akfar-isfibjm.ac.id dari thepharmacyexpert.com, Kamis (23/11), logo farmasi ini tidak bisa lepas dari sejarah yang menyertainya. Beberapa sumber menyebutkan bahwa logo ular dan piala ini dikaitkan dengan lambang Saint John pada abad I sebelum masehi. Pada waktu Saint John diberi racun dengan menggunakan piala.

Dugaan lain mengungkapkan bahwa sebenarnya bukan piala yang dililiti oleh ular, melainkan mangkuk Hygeia. Simbol ini digunakan di Italia pada tahun 1222 untuk merayakan ulang tahun ke-700 Universitas Padua, kampus pioner untuk jurusan kedokteran dan hukum di Eropa.

Pada tahun 1796, mangkuk yang dililiti ular tersebut dipercaya berasal dari mitologi Yunani, yang disebut dengan mangkuk Hygeia. Nama Hygeia merupakan putri kandung dari Aesculapius dan dewi kesehatan. Pada waktu itu ayah dari Hygeia, Aesculapius merupakan dewa kesehatan dan dewa penyembuh. Karena kemampuannya menyembuhkan orang, Zeus takut bahwa Aesculapius akan membuat manusia kekal. Itulah mengapa Apollo (anakanya Zeus) membunuh Aesculapius dengan petir.

Setalah membunuhnya, Apollo membuatkan kuil untuk Aesculapius. Pada saat membangun kuil, ternyata Apollo menemukan ular yang mati dalam keadaan kaku. Anehnya, ketika dia mengambil ular tersebut dan dijatuhkan, ular tersebut bisa merayap kembali. Kejadian diartikan sebagai penyembuhan dan penghidupan kembali kematian Aesculapius. Itulah mengapa putri dari Aesculapius, Hygeia disebut sebagai simbol penyembuhan.

Dalam logonya, mangkuk dianggap sebagai ramuan obat, sedangkan ular mewakili penyembuhan. Dalam kata lain, pengobatan merupakan cara agar orang sembuh. Di Amerika sendiri, logo ini dipakai mulai tahun 1964.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas