Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Dialog Interaktif di Channel I-radio 90,1 FM Pengabdian Masyarakat oleh AKFAR ISFI Banjarmasin : Penyalahgunaan Zenith

Filed Under: Kegiatan Dosen Rabu, 18 Januari 2017 pukul 11:43 WITA — Dilihat 424 kali
Bagikan Informasi Ini
akfar isfi bjm dan i radioPengabdian masyarakat Akfar ISFI Banjarmasin melalui dialog interaktif di channel I-Radio 90,1 FM dengan tema “Penyalahgunaan Zenith”

Civitas Akademika Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin kembali melaksanakan siaran bersama iRadio Banjarmasin. Kali ini kegiatan yang merupakan bagian dari agenda Pengabdian pada Masyarakat dilaksanakan oleh ibu Ratih Pratiwi Sari, M.Sc., Apt. Dan bapak Aditya Maulana Perdana Putra, M.Sc.,Apt Siaran dilaksanakan pagi hari, kamis 12 januari  2017. Tema yang diusung kali ini adalah penyalahgunaan zenith.

Dimulai dari perbedaan penyalahgunaan dan peggunasalahan obat.
Peyalahgunaan obat (drug abuse) merujuk pada keadaan dimana obat digunakan secara berlebihan tanpa tuuan medis  atau indikasi tertentu, sedangkan penggunasalahan obat merujuk pada penggunaan obat secara tidak tepat, yang biasanya disebabkan karena pengguna memang tidak tahu bagaimana cara mengguanakannya dengan benar. Salah satu penyalahgunaan yang sering ditemui adalah penyalahgunaan zenith.

Apa itu zenith?
Sebenarnya zenith adalah nama perusahaan farmasi. Salah satu obat yang didistribusikannya adalh carnpen ( merek dagang ) yang banyak disalahgunakan. Carnopen sendiri mengandung carisoprodol, parasetamol dan coffein. Nah, carisoprodol inilah yang banyak disalhgunakan.

Sebenarnya apasih fungsi sebenarnya dari carisoprodol ini?
Carisoprodol digunakan jangka pendek untuk mengobati nyeri otot dan ketidaknyamanan muskuloskeletal ( sendi, ligamen, otot, saraf, tendon serta tulang belakang). digunakan untuk mnegatasi nyeri otot , misalnya pada nyeri punggung bawah (lower back pain).

Kenapa zenith bisa disalahgunakan?.
zenith diklaim sebagai alternatif pengganti ekstasi dan sabu-sabu, dimana obat zenith juga dapat memberikan efek memabukkan, perasaan senang berlebihan seperti halnya yang ditemkan dalam penggunaan narkoba ( ngefly ) jika dikonsumsi secara berlebihan.

Apa yang dirasakan saat mengonsumsi carisoprodol?
1. timbulnya rasa gembira yang berlebihan
2. emosi jadi lebih labil dan mudah tersinggung
3. merasa memiliki penampilan diri lebih baik
4. lebih banyak bicara dan ketawa-ketawa yang tidak jelas
5. sistem pernafasan dan detak jantung bertambah cepat
6. merasa melayang, halusinasi bahkan menghilangkan kesadaran

Melihat tingginya nagka penyalahgunaan zenith, maka yang terpenting adalah bagaimana cara menghentikan ketergantungan zenith?
Memang untuk melepaskan ketergantunga obat tersebut perlu tekad dan motivasi yang kuat. Selain itu, dukungan dari orang sekitar juga dibutuhkan, karena lingkungan sekitar juga sangat berpengaruh terhadap tekad  dan usaha.

Ketergantunganobat tentunga tidak bisa diterapi sendiri. Butuh bantuan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Dalam hal ini butuh bantuan psikiater untuk mendapatkan terapinya. Kemungkinan akan mendpatkan serangkaian terapi rehabilitasi dan pengobatan medis lainnya agar bisa benar-benar melepas obat tersebut dan tidak akan kembali membutuhkannya.

Jika sudah ketergantungan akibat penggunaan dalam jangka waktu yang lama, jangan langsung dihentikan mendadak. Jika dihentikan mendadak akan timbul gejala putus obat (kejang perut, susah tidur, sakit kepala dan mual), untuk mencegah hal tersebut dosis bat ditunkan bertahap.

Dari paparan diatas, dapat kita simpulkan bahwa tidak ada yang salah dari suatu obat.  semua tergantung pada manusia sebagai subjek yang berperan dalam begaimana cara menggunakannya.

~Ais

Simpan

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas