Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Inter’l Study Tours, Pharmacy Academy ISFI Banjarmasin, Hari 1

Filed Under: Berita dan Informasi Selasa, 25 Oktober 2016 pukul 23:52 WITA — Dilihat 521 kali
Bagikan Informasi Ini

img_9476

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin pada tahun akademik 2017/2017 kembali mengadakan study tour ke negara Asean. Kali ini negara tujuan adalah Thailand, tepatnya di Bangkok. Kegiatan ini merupakan agenda akademik yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Study tour ke negara luar dimulai tahun lalu, dengan negara tujuan waktu itu adalah Singapura dan Malaysia.

Hari ini, Selasa 25 Oktober 2016 adalah hari pertama kegiatan study tour. Diawali dengan berbagai persiapan, perjalananpun diawali pada hari ini. Jumlah peserta adalah 141 mahasiswa, dengan dosen pendamping 6 orang, ditambah dosen tamu 2 orang, dan 4 orang dari pihak tour guide (Cahaya Mega Angkasa Banjarmasin). Total 153 orang. Jumlah ini termasuk besar untuk suatu kunjungan study ke negara luar. Akademi Farmasi ISFI merupakan salah satu, bahkan termasuk inisiator dan pelopor study tour internasional ke negara luar pada rumpun ilmu farmasi khususnya bidang diploma tiga di Indonesia. Adalah suatu kerja yang tidak mudah, diperlukan perencanaan yang matang, dan kerjasama yang baik khususnya dengan tour guide dan pihak tuan rumah yang akan dikunjungi. Tentunya hal ini adalah menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa khususnya, dan bagi civitas akademika farmasi ISFI Banjarmasin pada umumnya.

Study Tour ini di pimpin langsung oleh direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Bapak Yugo Susanto, S.SI., M.Pd., Apt. Beliau didampingi oleh kedua wakil direktur yakni Ibu Erna Prihandiwati (Wadir 1) dan Ibu Amaliyah Wahyuni (Wadir 2). Disertai Bapak Ibu dosen pembimbing yakni Bapak Riza Alfian, Bapak Iwan Hidayat, dan Ibu Siska Musiam. Pada kesempatan kali ini turut mendampingi adalah dosen luar biasa Akfar ISFI Banjarmasin yakni Bapak Iskandar Adam beserta Isteri.

Kegiatan study tour internasional ini adalah kali kedua yang dilaksanakan. Beberapa obyek study yang akan dikunjungi yakni ke Burapha University, sebagai tindak lanjut MOU yang pernanh ditandantangani Direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dengan pihak Burapha khususnya Fakultas Farmasi. Kunjungan study ke Burapha yang rencananya akan dilanksanakan pada Rabu 26 Oktober 2016 merupakan upaya meningkatkan kemitraan dan sinergi dengan perguruan tinggi di negara luar, sebagai wujud pelaksanaan misi Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Diharapkan kunjungan singkat ini dapat mempererat kerjasama kedua pihak dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Kunjungan selanjutnya adalah ke industri pengolahan madu, yakni Honey Bee Farm yang terletak di Pataya serta industri Herbal “Erawagee” yang terletak pada wilayah yang sama. Kunjungan study ini diharapkan memberikan wawasan dan pengetahuan internasional kepada mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Sebuah pengalaman yang sangat berharga.

Hari ini, sebagian peserta yang telah hadir lebih dulu memasuki hotel lebih awal, yakni sekitar pukul 20.00 waktu Bangkok (sama dengan WIB). Perjalanan panjang yang cukup melelahkan. Namun suasana hotel dan layanan yang baik di Dynasty Hotel yang berada di tengah kota Bangkok membuat peserta merasa puas dan nyaman. Memang karena keterbatasan kuota penerbangan maka rombongan dibagi dalam dua flight. Menggunakan pesawat air asia, rombongan pertama yang dipimpin direktur tiba di Don Mueang International Airport Bangkok  sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Perjalanan Jakarta-Bangkok memakan waktu sekitar 3,5 Jam. Setelah melalui pemeriksaan Passport di Imigrasi Bandara, Alhamdulillah semua peserta bisa melewati imigrasi tanpa ada hambatan yang berarti.

Sementara itu hingga berita ini selesai disiapkan, hingga pukul 22.30 rombongan fligh kedua yang dipimpin oleh wadir 2 belum juga tiba di hotel. Perkiraan mereka akan tiba sekitar pukul 24 waktu setempat. Semoga para peserta dan semua rombongan dapat melewati tahapan dan proses pemeriksaan di imigrasi bandara tanpa aral yang berarti. Dan semoga semua peserta tetap fit dan sehat. Perjalanan  masih panjang, besok hari kedua. Diharapkan pukul 07.00 sudah siap untuk melanjutkan kunjungan study ke Burapha University dan ke industri pengolahan madu. Rencananya rombongan akan menginap dua malam di lokasi wisata yang sangat terkenal di dunia yakni Pataya. Jadi esok pagi kami harus berkemas, dan cek out.

Demikian laporan kunjungan hari pertama, International Study Tour ke Bangkok, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. (Yugs 2016)

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas