Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Kegiatan BIMTEK Penyusunan Dokumen Akreditasi Prodi & Institusi untuk PTS Di Lingkungan KOPERTIS Wilayah XI

Filed Under: Kegiatan Dosen Senin, 29 Agustus 2016 pukul 17:21 WITA — Dilihat 654 kali
Bagikan Informasi Ini

Akfar Isfi Banjarmasin

Akreditasi adalah suatu pengakuan dalam hal mutu atau kualitas oleh lembaga yang berhak kompeten untuk menilai mutu atau kualitas tersebut. Dunia pendidikan sudah sangat familiar dengan akreditasi. Hal ini untuk menjamin mutu atau kualitas pelaksanaan pendidikan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Akreditasi perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan adalah akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi yang dilaksanakan oleh BAN-PT meliputi akreditasi program studi dan Akreditasi Institusi. Meskipun BAN-PT adalah lembaga yang ditugaskan oleh pemerintah melaksanakan proses akreditasi, tetapi untuk akreditasi program studi saat ini sudah ada beberapa program studi yang harus diakreditasi oleh Lembaga Akreditasi Mandiiri (LAM), misalnya beberapa program studi di bidang kesehatan di Indonesia contoh farmasi seperti Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Akreditasi LAM bertujuan agar mutu atau kualitas yang diakui memang sesuai dengan apa yang harus dilakukan oleh program studi yang bersangkutan, sehingga mutu/kualitas pendidikan tersebut tidak lagi bersifat umum tetapi sudah khusus dengan bidang studi yang diselenggarakan oleh program studi yang bersangkutan.

Salah  satu tahapan awal untuk melaksanakan proses akreditasi PT adalah proses pengisian borang. Pengisian borang harus dilakukan dengan baik dan benar agar pada saat penilaian borang dapat menggambarkan seakurat mungkin kondisi perguruan tinggi yang akan diakreditasi sehingga tidak terjadi kesalahan penilaian. Kopertis XI Wilayah Kalimantan berupaya untuk membantu PTS-PTS dikalimantan dalam proses pengisian Borang. Salah satu upaya tersebut adalah dengan dilaksanakannya Bimbingan Teknis (Bimtek) pengisian Borang yang merupakan critical moment seperti yang disampaikan oleh Bapak Koordinator Kopertis XI. Kegiatan ini dilaksanakan di Balikpapan tepatnya di hotel Menara Bahtera pada Tanggal 22 dan 23 Agustus 2016. Alhamdulillah Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengirimkan 5 orang pegawai untuk mengikuti kegiatan tersebut. Adapun 5 (lima) orang tersebut dengan rincian yaitu 1 (satu) orang dari unsur yayasan, 1 (satu) orang mewakili pimpinan Akademi dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur 1 (satu) bidang akademik, 1 (satu) orang dari Unit Penjamin Mutu Internal  (UP MI) dalam hal ini langsung bisa dihadiri oleh ketua UPMI, dan 2 (dua) orang sisanya mewakili tim pengisi Borang dalam hal ini dihardiri oleh Wakil Direktur 2 bidang umum dan keuangan dan Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

Pada kegiatan Bimtek tersebut, PTS dibimbing bagaimana cara untuk mengisi borang secara tepat. Adapun pemateri pada Bimtek tersebut adalah Dr. Samuel Dossugi dari BAN-PT, beliau menyampaikan materi tentang Penyusunan Borang Akreditasi Institusi dan Program Studi. Adapun Kegiatan Bimbingan teknis langsung dibimbing oleh 3 orang narasumber yaitu Drs. Deli Anhar, M.AP dari Universitas Islam Kalimantan MAB beliau melaksanakan Bimbingan Teknis untuk Penyusunan Borang Akrediatasi Institusi, Prof. Dr. Ir Emmy Sri mahreda, MP dari universitas Lambung Mangkurat dan Ir. Nordiansyah Firahmi, MP masing-masing melaksanakan Bimbingan Teknis untuk Penyusunan Borang Akrediatasi Program Studi. Materi kegiatan tersebut dapat diunduh pada halaman web http://kopertis11.org/pengumuman.php

Bagi akademi farmasi ISFI Banjarmasin, meskipun akreditasi Program Studi telah harus mengikuti aturan LAM PT Kes, tetapi untuk kegiatan Akreditasi Institusi masih harus mengikuti aturan BAN-PT. Sehingga kegiatan ini dirasa sangat membantu dalam proses persiapan pengisian Borang Akreditasi Institusi  yang akan dikirim pada tahun 2018. Hal ini sejalan dengan program kerja pelaksanaan kegiatan Tridharma pendidikan tinggi di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang selalu mengedapankan mutu dan Kualitas. Semoga Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dapat terus berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan semacam ini dan kegiatan lainnya yang diadakan oleh kopertis XI Wilayah Kalimantan.

Bimtek ini menjadi salah satu pedoman dalam penyusunan dan pengisian borang secara berkelanjutan dg tetap adanya pandampingan oleh fasilitator dari Kopertis XI wilayah Kalimantan sampai isian borang Akademi Farmasi ISFI diserahkan ke BAN PT. Seperti semboyan yang selalu disampaikan oleh Bapak Koordinator Kopertis XI wilayah Kalimantan yaitu “NATO (No Action Talk Only) dan THTI (Tiada Hari Tanpa Inovasi).

Salam Sukses Luar Biasa untuk THE ORANGE CAMPUS Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin (ARS, RNA 2016)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas