Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Kenakalan yang Harus Dihindari Mahasiswa

Filed Under: Berita dan Informasi Senin, 30 November 2015 pukul 05:06 WITA — Dilihat 436 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar-isfibjm.ac.id

BANJARMASIN – Lulus SMA tak semata-mata membuat pemikiran seseorang menjadi dewasa. Saat menjadi mahasiswa, beberapa orang masih melakukan kenakalan yang seharusnya tidak perlu.

Berikut beberapa kenakalan yang seharusnya dihindari, namun umum masih dilakukan beberapa mahasiswa.

“Cabut” kuliah

Banyak faktor penyebab mahasiswa membolos kuliah, seperti malas dan tak suka dengan mata kuliah atau dosennya. Namun, mahasiswa harus sadar bahwa tindakan ini merugikan diri sendiri. Selain ketinggalan materi, mahasiswa juga terancam tidak bisa ikut ujian karena jumlah persyaratan tatap muka tidak memenuhi.

 

Titip absen

Sering cabut kuliah menyebabkan kebiasaan titip absen. Dengan mudah mahasiswa meminta teman untuk mengabsenkan padahal tidak datang ke kelas. Ingat, jika aksimu ini ketahuan, kamu dan teman yang dititipi absen bisa terkena sanksi indisipliner.

 

Copy-paste

Tugas yang menumpuk sering membuat stres mahasiswa. Akibatnya, banyak yang ogah mengerjakan dan menunggu hasil teman yang sudah selesai untuk disalin (copy-paste). Tindakan ini jika terus terulang akan membuat temanmu merasa jengkel karena kamu tidak ada usaha sama sekali.

Aksi plagiarisme ini kerap dilakukan mahasiswa saat menyusun makalah bahkan skripsi. Mereka yang melakukannya cenderung malas mencari literatur. Padahal, dosen juga bisa menilai apakah karyamu itu hasil sendiri atau plagiarisme. Enggak mau kandiam-diam dosenmu memberi nilai yang jelek ?

 

Bullying

Kasus bullying makin banyak terjadi. Tindakan mengejek atau mengganggu teman yang mungkin kamu sangka bercanda bisa dianggap bullying, apalagi jika orang tersebut tidak menerimanya. Jadi, hati-hati dalam bertindak. Perbanyaklah teman semasa kuliah, jangan mencari musuh.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas