Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Kerjasama PKL pada 14 Rumah Sakit di Kalimantan Selatan

Filed Under: Berita dan Informasi Senin, 31 Oktober 2016 pukul 12:10 WITA — Dilihat 578 kali
Bagikan Informasi Ini

Mou Akademi Farmasi

Salah satu agenda akademik yang bertujuan memperdalam keilmuan mahasiswa di bidang vokasi adalah Praktek Kerja Lapangan di Rumah Sakit. Pada periode ini, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin akan melaksanakan kegiatan PKL tersebut di 14 (empat belas) rumah sakit di Kalimantan Selatan.

Dari 14 lahan PKL tersebut, sebanyak 7 (tujuh) buah RS telah memiliki MoU dengan Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, dimana bentuk kerja sama yang dijalin tidak hanya sebagai lahan praktek, tetapi juga kerjasama dalam hal pendidikan, penelitian serta pengabdian masyarakat. Ketujuh RS tersebut adalah RSUD dr. H. Moch. Ansari Saleh,RS Sari mulia, RS Islam, RSJ Sambang Lihum Gambut, RSUD Ratu Zalecha Martapura, RSUD H.Badaruddin Tanjung dan RSUD H. Damanhuri Barabai.

Selain itu, Akfar ISFI Banjarmasin juga bertahun-tahun secara kontinyu telah bekerjasama dengan  beberapa RS seperti RSUD Ulin, RSK Bedah Siaga, RS Bhayangkara, dan RSUD Brig. H. Hasan Basri Kandangan untuk melaksanakan PKL RS. Sebagai langkah maju, pada periode ini Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin juga akan menjalin kerjasama baru dengan 3 (tiga) RS yaitu RSUD Balangan, RSUD Pembalah Batung Amuntai dan RSUD H. Boejasin Pelaihari.

Sebagai langkah awal realisasi, pada akhir oktober hingga awal november tahun 2016 ini, Akfar ISFI Banjarmasin mengutus para dosen dan staf untuk menjalin silahrurahmi dan kerjasama kembali kepada seluruh RS tersebut. Sosialisai dan permohonan izin dengan melibatkan Bidang Diklat dari RS masing-masing juga telah dilakukan. Disamping itu, dilakukan pula diskusi dan sosialisasi terhadap IFRS (Instalasi Farmasi Rumah Sakit) dan para apoteker di RS terkait yang pada saat pelaksanaan PKL akan menjadi CI (Clinical Instructure). Para CI ini akan langsung membimbing para mahasiswa di lapangan masing-masing.

Kegiatan PKL RS sendiri akan mulai dilaksanakan bulan Februari mendatang. Pengurusan kegiatan ini telah dilakukan jauh hari mengingat banyaknya bekal dan persiapan yang harus diberikan kepada mahasiswa Akfar ISFI Banjarmasin sebelum mereka berpraktek di lapangan.

(Nvrd,YS)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas