Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Konsolidasi BEM Regional Kalimantan Selatan-Timur

Filed Under: Kegiatan Mahasiswa Senin, 17 Oktober 2016 pukul 08:16 WITA — Dilihat 366 kali
Bagikan Informasi Ini

img_6019

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Akademi Farmasi ISFI Banjarmasi ikut berpartisipasi pada kegiatan Konsolidasi Wilayah BEM Seluruh Indonesia (SI) Regional Kalimantan Timur-Selatan. Tema kegiatan ini “Politik Hukum Pengelolaan Sumber Daya Alam di Indonesia”. Dilaksanakan pada hari jum’at-minggu tanggal 7,8 dan 9 Oktober 2016. Tahun ini, Universitas Lambung Mangkurat menjadi tuan rumah berkumpulnya BEM Seluruh Indonesia Regional Kalimantan Timur-Selatan. Ada beberapa kampus yang menghadiri kegiatan ini salah satunya Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Universitas Lambung Mangkurat, Politeknik Negeri Banjarmasin, STIKES Sari Mulia, STIH Sultan Adam, Universitas Kalimantan, Universitas Mulawarman, Institut Teknologi Kalimantan, Politeknik Negeri Samarinda, dan Politeknik Batulicin. Tema yang diangkat adalah “Politik Hukum Pengelolaan Sumber Daya Alam di Indonesia”.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan para mahasiswa regional Kalimantan Timur-Selatan tentang penegakkan hukum lingkungan sejak dini. Selain itu untuk menumbuhkan sikap peduli terhadap lingkungan khususnya di regional Kalimantan Timur-Selatan, serta menumbuhkan sikap aktif, kritis dan solutif para mahasiswa. Kegiatan ini tentunya memudahkan tukar pemikiran antara BEM kampus dengan BEM kampus lainnya juga dalam rangka meningkatkan eksistensi BEM Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dan ikut berperan aktif dalam kegiatan tersebut.

Berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan diantaranya adalah: orasi kebangsaan dengan tema “Tata Kelola Kebijakan Energi di Indonesia”. Orasi ini dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 7 Oktober 2016 yang disampaikan oleh Fahri Hamzah, SE (Wakil Ketua DPR RI). Orasi kebangsaan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang politik hukum penegakkan hukum lingkungan dan sumber daya alam. Pada hari Sabtu tanggal 8 oktober 2016 diadakan Stadium General yang bertema “Mitigasi Penanganan KARHUTLA di Kalimantan” bertempat di Aula Lantai III Rektorat ULM materi disampaikan oleh Direktur Pencegahan KARHUTLA dan Perubahan Iklim KLHK RI yaitu Dermawati Sihite, Sh., Mh (Akademisi ULM) dan Berry Nahdian Forqan (Ketua WALHI Pusat 2008-2012).

Acara diakhiri dengan Aksi Damai Aliansi Konsolwil BEM SI Regional KalTim-Sel pada hari minggu, tanggal 9 Oktober 2016 di Menara Pandang “Kampanye Terhadap Pedulinya Lingkungan dan Kesehatan”. BEM Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin ditunjuk sebagai penanggung jawab ISU daerah mengenai “Edukasi Penggunaan Obat”. BEM Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin turut mengambil peran dalam kegiatan tersebut. Keiikutsertaan ini, tak luput dari komitmen Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin untuk terus mengembangkan kemampuan dan menambah pengetahuan dengan menghadiri acara tersebut. Diakhir Acara, diselenggarakan city tour yang bertujuan untuk memperkenalkan kota Banjarmasin sebagai kota seribu sungai sekaligus sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan diantara peserta. (BEM-ALFI-YUGS2016)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas