Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Lemah Akademis? Ini Solusinya!

Filed Under: Berita dan Informasi Kamis, 26 November 2015 pukul 02:57 WITA — Dilihat 440 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar-isfibjm.ac.id

MALANG – Saat ini anak-anak yang kurang mampu tapi punya kemampuan akademis yang baik berkesempatan melanjutkan kuliah dengan beasiswa, misalnya program Bidikmisi dari Kemristekdikti. Meski demikian, banyak juga anak dari kalangan ekonomi rendah dengan kemampuan akademis biasa saja. Bagaimana peluang mereka mendapat pendidikan tinggi?

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan, pemerintah sudah membuat akademi komunitas untuk mewadahi anak-anak yang kurang kuat dalam aspek akademis. Program ini, bertujuan memberikan pelatihan dan keterampilan supaya anak-anak tersebut bisa menjadi pekerja yang baik.

“Nanti setiap kabupaten diharapkan ada akademi komunitas. Jadi para lulusan SMA yang putus sekolah bisa ikut pelatihan,” tuturnya kepada Okezone baru-baru ini.

Nasir menjelaskan, persyaratan akademis hanya diperlukan 40 persen, sedangkan 60 persen sisanya praktik. Program pelatihan yang diberikan, imbuh dia, disesuaikan dengan potensi setiap daerah, jadi akan berbeda-beda.

“Misalnya di suatu daerah hasil unggulanya singkong. Untuk mencari nilai tambah singkong bisa dibuat mocaf. Untuk menghasilkan mocaf ini butuh teknologi dan dioperasikan oleh orang yang terdidik dan terampil,” ucapnya.

Dengan program tersebut, Nasir berharap para peserta akademi komunitas dapat menciptakan wirausaha atau usaha mikro kecil menengah (UMKM), sehingga bisa mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia.

“Jadi kalau masalahnya di akademis, maka didorong untuk punya skill. Masalah kemiskinan di Indonesia harus diberantas, salah satunya melalui pendidikan,” tandasnya.

 

dicopy dari http://news.okezone.com/  Kamis, 12 November 2015

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas