Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Mahasiswa Harus Sering Piknik

Filed Under: Berita dan Informasi Senin, 16 November 2015 pukul 07:53 WITA — Dilihat 463 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar singapuraSelain lingkungan akademik, piknik juga menjadi faktor dalam membentuk karakter seseorang. Sehingga ia bisa menjadi ahli atau mahir dalam bidang tertentu.

Seperti yang dikatakan Indra Kuspriyadi, Asisten Direktur Departemen Manajemen Starategis dan Tata Kelola Bank Indonesia. Ia mengatakan, ada beberapa hal yang bisa membuat seseorang ahli dalam bidang tertentu. Diantanya nilai akademis, pola pikir, jaringan, moral, daya saing dan piknik.

Menurutnya salah satu yang penting dan perlu dilakukan oleh mahasiswa adalah menanamkan jiwa piknik. Hal ini penting dilakukan karena sangat mempengaruhi seseorang terhadap pengalamannya.

“Karena piknik dalam arti yang luas bukan hanya bertamasya tetapi dalam konteks pembelajaran piknik berarti mencari pengalaman belajar di luar lingkup dimana seseorang berinteraksi,” katanya dalam Kuliah Umum “Human Resources Opportunities and Challenges in Facing Global Competitiveness” yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen FPEB UPI, Senin 21/09/2015 di Auditorium JICA, Jln. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung.

Oleh karean itu, menurutnya seorang akademisi diharapkan tidak hanya aktif di dalam kampus. Namun juga harus memiliki jiwa piknik, yaitu melihat dunia luar, atau mempelajari hal baru.

Indra menambahkan, ke depan tantangan Indonesia adalah menghadapi ekonomi global yaitu menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Salah satunya berdampak pada sumber daya manusia. “Tentunya dengan kondisi tersebut kita harus siap bersaing dengan tenaga profesional dari negara lain,” tutur Indra.

Menurut Indra, dengan kondisi tersebut  harus bisa bersaing dengan tenaga profesional dari negara lain. “Namun disisi lain kehadiran MEA tersebut juga bisa menjadi peluang bisnis bagi kita,” terang Indra.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas