Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Membangun Pengenalan Kehidupan Kampus yang Humanis

Filed Under: Kegiatan Mahasiswa Jumat, 12 Agustus 2016 pukul 16:45 WITA — Dilihat 606 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar isfi bjm PKK

Mahasiswa baru adalah individu yang sedang berproses menuju kematangan pribadi. Mereka, pada umumnya saat memasuki dunia kampus, belum mengenal proses belajar-mengajar, juga belum mengetahui sarana dan prasarana yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar di Kampus. Selain itu mahasiswa baru juga belum mengenal civitas akademika yang akan berinteraksi dengan mereka selama menempuh pendidikan. Untuk itu perlu adanya kesiapan psikologis maupun sosial agar dapat beradaptasi secara cepat dengan proses belajar-mengajar di dalam kampus. Salah satu karakteristik yang banyak dijumpai pada diri mahasiswa adalah secara psikologis belum siap untuk melaksanakan proses pembelajaran pendidikan tinggi yang berbasis pada otonomi keilmuan dan kebebasan mengembangkan mimbar akademis, untuk menemukan serta membawakan dirinya sebagai model intelektual dalam bermasyarakat di kemudian hari.

Berdasarkan fenomena yang ada pada diri mahasiswa baru, maka kesiapan mahasiswa baru dalam hal akademis, psikologis serta normative-etis untuk memasuki kehidupan kampus sangat penting bagi keberhasilan pendidikan mereka. Oleh karena itu maka mahasiswa baru perlu dipersiapkan sebaik-baiknya. Disisi lain, fakta menunjukkan bahwa proses pembimbingan terhadap mahasiswa baru untuk mengantarkan ke kehidupan pendidikan tinggi sangat beragam. Setiap kampus mengembangkan model pengenalan kampus sesuai dengan intepretasi masing-masing terhadap nilai kepentingan pembimbingan mahasiswa baru dalam memasuki tradisi kehidupan kampusnya. Namun, proses pengenalan kampus yang sangat beragam tersebut tidak dilandasi kajian ilmiah dengan berbagai tujuan esensi penyiapan psikologis-sosial yang sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan mengikuti pendidikan tinggi. Akibatnya dalam praktek penerimaan mahasiswa baru telah terjadi penyimpangan “tradisi”. Antara lain berupa : pelanggaran norma dan etika kesantunan kehidupan, arogansi kekuasaan dan kekerasan fisik dengan akibat kesakitan psikis maupun fisik, bahkan sering menimbulkan adanya korban jiwa yang tidak ternilai harganya.

Oleh karena itu BEM AKFAR ISFI Banjarmasin mencoba memfasilitasi bentuk berubahan istilah yang awalnya bernama Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (ospek) bertujuan untuk menghilangkan kesan negatif yang telah lama melekat. Dengan bentuk baru yang bernama Pengenalan Kehidupan Kampus (PKK) Perubahan istilah ini juga diikuti dengan perubahan sistem pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus yang dulunya kerap menjadi momok yang menakutkan bagi mahasiswa baru. Sebab, sampai sekarang walaupun telah berganti istilah dengan sistem pelaksanaan yang jauh lebih bisa dikatakan manusiawi tetap saja menimbulkan kesan negatif diantara mahasiswa baru. Padahal, sekarang ini pengenalan kehidupan kampus tidak lagi menerapkan sistem perpeloncoan seperti yang telah banyak disaksikan oleh sejarah. Melihat pada panduan umum pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru yang dikeluarkan Dikti terlihat bahwa tujuan umum dari kegiatan pengenalan kampus merupakan suatu upaya memperkenalkan mahasiswa baru pada kegiatan kampus. Sehingga, mahasiswa baru akan menjadi lebih cepat untuk beradaptasi dengan kehidupan kampus. Pengenalan kehidupan kampus diadakan bukan sebagai ajang perpeloncoan ataupun ajang untuk tampil “eksis”, namun sebagai ajang perkenalan bagi mahasiswa baru. Oleh sebab itu, perasaan yang muncul haruslah perasaan senang dan bangga dalam menjalaninya, bukan perasaan terpaksa dan tertekan.

Pra PKK akan dilaksanakan di Aula SMK FARMASI ISFI BANJARMASIN dan PKK nya akan dilaksankan di AKADEMI FARMASI ISFI BANJARMASIN. Pra PKK akan dilaksanakan di hari Senin, 29 Agustus 2016 Pukul 08.00 WITA – Selesai. Sedangkan PKK akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Selasa-Kamis Tanggal 30 Agustus-1 September 2016 Pukul 07.00 – 17.00 WITA.

Pra PKK dan PKK Calon Mahasiswa/i Baru yang akan dibimbing dari Kaka tingkat dari Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Akademi Farmasi Isfi dan masih banyak lagi seperti Para Dosen, motivator, dan Pembicara yang hebat lainnya.

Pra PKK cukup mudah Calon Mahasiswa/i Baru hanya perlu mengikuti syarat-syarat yang tertera dibawah sini :

  1. Menggunakan Kemeja Putih Lengan Panjang (Tidak Boleh Kentat)
  2. Menggunakan Celana Kain Hitam Panjang.
  3. Bagi Perempuan Muslim Menggunakan Kerudung Hitam.
  4. Bagi Perempuan Non Muslim Rambut Dikuncir Kuda.
  5. Menggunakan Kaos Kaki Hitam Panjang.
  6. Menggunakan Sepatu Hitam Bertali.
  7. Membawa Alat Tulis (Buku,Pulpen dan Lainnya)

Selanjutnya mau tau Persyaratan OPT? Makanya Berhadirlah di Acara Pra OPT.

(iwn, adt)

Persiapkan Diri Kalian! Bukan Sekedar Pengenalan!

Salam Mahasiswa Farmasi!

Don’t Miss It Guys!

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas