Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Pelatihan Penyusunan dan Penulisan Proposal PKM Dosen Kopwil XI

Filed Under: Kegiatan Dosen Sabtu, 22 Oktober 2016 pukul 08:01 WITA — Dilihat 477 kali
Bagikan Informasi Ini

img_9158

Pada Hari Senin-Selasa Tanggal 19-20 Oktober 2016 Kopertis Wilayah XI Kalimantan melaksanakan Pelatihan Penyusunan, Penulisan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bagi Dosen PTS Kalimantan Selatan dan Tengah Di Lingkungan Kopertis Wilayah XI Kalimantan. Acara tersebut dilaksanakan di Hotel Aquarius Palangkaraya. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin turut hadir pada acara tesebut dengan menugaskan Ketua Unit Penelitian Pengabdian Masyarakat (UPPM) Riza Alfian, S.Farm., M.Sc., Apt. Ketua UPPM dalam hal ini juga berperan sebagai pengelola PKM di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Narasumber pada acara tersebut terdiri dari 2 orang. Narasumber pada hari pertama adalah Dr. Tendy Y Ramadin, M.T, beliau berasal dari Institut Teknologi Bandung serta Tim Evaluator DRPM & Ditbelmawa Kemristekdikti. Narasumber pada hari kedua adalah Prof. Ir. Jamasri, Ph. D, beliau merupakan Guru Besar dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta serta Reviewer dan Juri Pimnas Belmawa Kemenristekdikti. Kopertis Wilayah XI Kalimantan melaksanakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan dan meningkatkan motivasi dosen Perguruan Tinggi Swasta (PTS) untuk membimbing mahasiswa menyusun PKM. PKM merupakan program strategis untuk meningkatkan mutu lulusan sehingga diharapkan dosen pembimbing dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM yang diusulkan.

Pada acara tersebut Narasumber menjelaskan mengenai falsafah PKM. Mahasiswa diharapkan memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan untuk menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi. Perilaku dan pemikiran mahasiswa diharapkan akan bersifat konstruktif realistis, kreatif, dan dapat diwujudkan. Mahasiswa juga diharapkan dapat mencapai level kreatif dan inovatif berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi dengan cara optimalisasi pikiran, perasaan, dan keterampilan dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggungjawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni. Beruntung Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin terlibat dalam kegiatan ini. Banyak hal yang bisa diaplikasikan dalam rangka memajukan PKM di kampus orange ini kelak.

Pada tahun ini Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin telah mengusulkan 13 proposal PKM Gagasan Tertulis (GT) dan 1 proposal PKM Artikel Ilmiah (AI). Selanjutnya pada bulan November Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin akan mengusulkan PKM dengan skim lain seperti PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, dan PKM Pengabdian Masyarakat. Kegiatan PKM di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin didukung penuh oleh Direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin Yugo Susanto, S.Si., M.Pd., Apt. Pelaksanaan kegiatan PKM sesuai dengan salah satu tujuan Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yaitu menghasilkan lulusan yang Beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Unggul, Kompeten, Kreatif dan Kompetitif. Selain itu PKM juga merupakan sebagai salah satu indikator penilaian perguruan tinggi. (RIZ2016)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas