Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

PENGABDIAN MASYAKAT : “PEMBUATAN PRODUK GRAVICITEA”

Kegiatan Dosen Jumat, 7 September 2018 pukul 08:26 WITA — Dilihat 79 kali
Bagikan Informasi Ini

WhatsApp Image 2018-09-05 at 11.25.03

Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin dilakukan oleh Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Pada Hari Minggu, 2 September 2018  Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat tepatnya di Jl. Muchtar Thaib RT.05 RW.02 Desa Tatah Layap Kec. Tatah Makmur Kab. Banjar. Sebelumnya Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin telah melakukan pengabdian masyarakat didaerah tersebut berupa penanaman TOGA. Adapun TOGA yang ditanam sebelumnya adalah sirsak, kumis kucing, seledri, jeruk dan cabe. Sebagai upaya keberlanjutan program pengabdian kepada masyarakat tersebut maka dilakukan pengabdian selanjutnya yang berupa sosialisasi pembuatan produk minuman herbal yang diberi nama GRAVICITEA. GRAVICITEA merupakan teh herbal yang dibuat dari daun sirsak, kulit jeruk purut, dan dauh teh. Pemilihan komposisi produk ini didasarkan atas pemanfaatan bahan alam yang terdapat didaerah tersebut.

GRAVICITEA dapat menurunkan kadar glukosa darah jika dikonsumsi. GRAVICITEA dapat dikonsumsi 2x sehari dengan diseduh air panas. Kandungan yang terdapat didalam daun sirsak, kulit jeruk purut, dan dauh teh memiliki aktivitas sebagai antioksidan sehingga dapat menurunkan kadar glukosa darah. Kulit jeruk purut dan daun teh yang digunakan dapat menambah aroma didalam produk tersebut sehingga aroma dari daun sirsak yang khas menjadi tertutupi. GRAVICITEA dikemas menjadi teh celup dengan bobot 1 kantong teh sebesar 1 gram. GRAVICITEA merupakan produk yang praktis untuk dikonsumsi sehingga dapat meningkatkan kepatuhan dalam penggunaan produk herbal untuk terapi komplementer pengobatan diabetes.

GRAVICITEA dibuat oleh dosen bersama mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam pembuatan produk serta sebagai aplikasi ilmu yang didapatkan pada mata kuliah farmakognosi dan teknologi farmasi.

Sosialisasi GRAVICITEA dimasyarakat tidak hanya memaparkan tentang kegunaan produk tersebut melainkan juga pelatihan pembuatan produk tersebut secara bersama-sama. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap penggunaan herbal sebagai obat dan memacu masyarakat untuk membuat produk herbal sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. (Eka Kumalasari)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas