Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Sejarah Pertama AKFAR ISFI Banjarmasin Di RSUD PAMBALAH BATUNG AMUNTAI

Filed Under: Kegiatan Mahasiswa Selasa, 21 Februari 2017 pukul 12:59 WITA — Dilihat 375 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar isfi - pkl rs balangan

AKFAR ISFI NEWS – Untuk pertama kalinya Akademi Farmasi Isfi Banjarmasin mengirimkan mahasiswanya untuk melaksanakan praktik kerja lapangan di RSUD Pembalah Batung Amuntai. Mahasiswa yang dikirim sebanyak 6 orang yang terdiri dari Hidayatunnisa, Indriyani, Maya Armianti, Merry Pebrianti Safitri, M.Nopriyan Rahman dan Sri Ulfah dimana mahasiswa ini dipilih karena berdomisili di kota Amuntai.

RSUD Pambalah Batung Amuntai sendiri merupakan RS Negeri kelas C yang menjadi tempat pilihan berobat bagi masyarakat provinsi Kalimantan Selatan dan Tengah khususnya Kabupaten Hulu Sungai Utara. Rumah sakit ini memberikan pelayanan kedokteran spesialis terbatas serta menampung pelayanan rujukan dari puskesmas. Selain itu, RS ini juga merupakan lahan pendidikan bagi mahasiswa dibidang kesehatan maupun non kesehatan ……

RSUD ini sedang dalam masa akreditasi sehingga dilakukan peningkatan berbagai mutu pelayanan RS salah satunya mutu pelayanan kefarmasian di instalasi farmasi dengan cara pelabelan obat-obat High Alert untuk mengurangi terjadinya Medication Error, melakukan polling kepuasan pasien terhadap pelayanan RS untuk mengevaluasi pelayanan RS, dll.

Pelaksanaan PKL dilakukan selama 1 bulan terhitung dari tanggal 1 Februari 2017 sampai dengan 28 Februari 2017, yang dimulai dengan diantarnya mahasiswa ke RSUD Pambalah Batung Amuntai oleh dosen pendamping yaitu Bapak M.Maulidie Alfiannor, M. Farm., Apt dan Ibu Anna Khumaira Sari, M. Farm., Apt kepada Clinical Instructure Instalasi Farmasi di RSUD Pambalah Batung Amuntai yaitu Ibu Ina Septina, S. Farm., Apt sehari sebelum pelaksanaan PKL yaitu pada tanggal 31 Januari 2017. Pengantaran ini bertujuan  untuk mendapatkan persetujuan antara pihak kampus dengan pihak RS untuk melaksanakan PKL di RSUD Pambalah Batung Amuntai sekaligus memberikan pengarahan dan pembekalan kepada mahasiswa PKL mengenai RS dan pembagian tugas selama pelaksanaan PKL.

Hari pertama dimulai dengan pembuatan perjanjian dengan CI Instalasi Farmasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan PKL seperti pembagian kelompok dan tugas dimana dibagi menjadi 3 kelompok yaitu instalasi rawat inap, instalasi rawat jalan dan logistik yang di rolling setiap 3 hari sekali.

Kegiatan PKL ini telah memasuki minggu kedua, tugas dan kegiatan ditiap depo berbeda-beda  diantaranya instalasi farmasi rawat inap bertugas melakukan pelayanan kefarmasian khusus untuk pasien rawat inap yang melayani resep individual, floor stock, UDD, ODDD serta melakukan peracikan, pencatatan, dan pemilihan resep. Tugas dan kegiatan di instalasi rawat jalan yaitu melakukan pelayanan kefarmasian khusus untuk pasien rawat jalan yang mendapat resep individual selain itu melaksanakan peracikan, pencatatan, dan pemilihan resep. Di logistik bertugas melaksanakan penerimaan barang, stok opname, penyimpanan, dan pendistribusian ke tiap instalasi farmasi.

Pada setiap hari sabtu dilaksanakan pertemuan antara mahasiswa dengan CI untuk mendiskusikan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, pemberian tugas dan untuk melaksanakan postest kepada mahasiswa PKL. Hal ini akan terus berlangusung setiap minggu hingga masa PKL berakhir dengan agenda pendidikan yang berbeda-beda tiap minggunya. PKL ini dirasakan sangat membantu mahasiswa dalam mengimplementasikan teori yang telah diterima selama kuliah dan membandingkannya dengan praktik yang dilakukan selama PKL di RS.

 

To be SMART CAMPUS, To Create SMART PEOPLE, Support by SMART TECHNOLOGY

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas