Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 
 

Seminar Internasional, Workshop Jurnal Ilmiah, dan Penandatanganan MoU dengan Perguruan Tinggi Dalam dan Luar Negeri

Filed Under: Kegiatan Dosen Selasa, 23 Februari 2016 pukul 11:48 WITA — Dilihat 1,017 kali
Bagikan Informasi Ini

akademi farmasi isfi banjarmasin

Pada tanggal 17 – 18 Februari 2016, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin berpartisipasi pada acara Seminar Internasional, Workshop Jurnal Ilmiah, dan Penandatanganan MoU dengan Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. Acara yang dilaksanakan di gedung SEAMOLEC di Universitas Terbuka Tangerang, Banten tersebut digagas oleh South East Asia Ministry of Education Open Learning Centre (SEAMOLEC) bekerja sama dengan Academic International Consortium (AIC) Indonesia.

Pada hari Rabu 17 Februari 2016 dilaksanakan acara Seminar Internasional . Presentasi Artikel Ilmiah dan Penandatanganan MoU dengan perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri. Peserta pada acara Seminar Internasional adalah para pemimpin Perguruan Tinggi, Dosen, dan Mahasiswa. Jumlah Peserta pada acara tersebut adalah 938 peserta yang berasal dari 41 perguruan tinggi dalam negeri dan 5 perguruan tinggi luar negeri. Pada acara tersebut Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin mengirimkan 5 peserta yang terdiri dari :

Direktur Akfar ISFI Banjarmasin : Yugo Susanto, S.Si., M.Pd., Apt
Dosen Akfar ISFI Banjarmasin : Erna Prihandiwati, S.F., Apt
Dosen Akfar ISFI Banjarmasin : Riza Alfian, S.Farm., M.Sc., Apt
Dosen Akfar ISFI Banjarmasin : Aditya Maulana Perdana Putra, S.Farm., M.Sc., Apt
Dosen Akfar ISFI Banjarmasin : Ratih Pratiwi Sari, S.Farm., M.Sc., Apt

 

Seminar internasional ini bertujuan untuk :

  1. Memberikan peserta dengan pandangan dan visi tentang peran dan tantangan pendidikan internasional di kontribusinya untuk membangun daya saing ressources manusia;
  2. Memfasilitasi pengetahuan dan ilmu ressources manusia untuk melakukan bagian mereka pada pembangunan internasional sebagai salah satu pilihan dalam mempersiapkan generasi besok; dan juga
  3. Menarik beberapa pihak di dunia nasional dan internasional (dosen, akademisi, praktisi, peneliti, dan pihak lain) untuk berpartisipasi dalam memberikan kontribusi terbaik bagi pengembangan kompetensi sumber daya manusia.

 

Keynote Speakers pada acara ini berasal dari dalam dan luar negeri, yaitu sebagai berikut.

  1. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. (Direktur Pembelajaran, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Republik Indonesia)
  2. Tomo Nobu TANAKA (Human Academy Japan)
  3. Christ Chang (Sun Lin Korea)
  4. Ith Vutay (Deputi Direktur Program SEAMOLEC – Kamboja)
  5. Emanuel C. De. Guzman, Ph.D (President, Polytechnic University of The Philippines)
  6. Rittikorn Siriprasertchok, Ph.D (Vice President, Burapha University Thailand)

Pada acara seminar internasional tersebut juga dideklarasikan peresmian pembentukan Academic International Consorsium (AIC) of Indonesia. Sebagai Presiden konsorsium terpilih adalah Dr. K.Prihartono AH., Drs.,S.Sos.,S.Kom.,MM. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin juga bergabung dalam konsorsium tersebut.

Setelah acara seminar internasional selesai dilanjutkan dengan acara inti yaitu penandatanganan MoU dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin termasuk dalam salah satu perguruan tinggi yang melakukan penandatanganan MoU pada acara tersebut.

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang diwakili oleh Direktur Yugo Susanto, S.Si., M.Pd., Apt melaksanakan penandatanganan MoU dengan 41 Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri. Selanjutnya Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin juga menandatangani Mou dengan 5 perguruan tinggi luar negeri yaitu sebagai berikut.

  1. Burapha University Thailand
  2. Polytechnic University of The Philippines
  3. Human Academy Japan
  4. Sun Lin University of South Korea
  5. The Catholic University of Daegu South Korea

Penandatanganan MoU tersebut diharapkan dapat menjadi awal dari pelaksanaan kerjasama untuk pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan di kampus masing-masing.

Bersamaan dengan acara penandatanganan MoU tersebut, 4 dosen Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang lain melaksanakan presentasi artikel ilmiah. Artikel ilmiah yang dipresentasikan oleh para dosen tersebut akan dipublikasikan dalam bentuk prosiding cetak dan online oleh AIC Indonesia. Empat dosen Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin mempresentasikan artikel ilmiah kefarmasian hasil penelitian masing-masing dengan menggunakan Bahasa Inggris mengingat acara ini adalah acara internasional.

Pada hari Kamis tanggal 18 Februari 2016 dilakasanakan workshop jurnal ilmiah yang diikuti oleh 150 dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Narasumber pada acara tersebut adalah Prof. dr. Sultana M.H. Faradz, Ph.D dari Universitas Diponegoro. Adanya acara workshop ini diharapkan agar para dosen dapat menulis artikel ilmiah dengan baik sehingga dapat melakukan publikasi hasil penelitian pada jurnal ilmiah internasional. Pada acara workhop jurnal ilmiah Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin juga mengirimkan 5 dosen sebagai peserta.

Dmeikian rangkaian acara yang diikuti oleh Direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dan 4 dosen yang mendampinginya. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin senantiasa akan selalu meningkatkan kualitas pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka ikut memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas