Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Semnas Produk Halal dan Presentasi Oral

Filed Under: Kegiatan Dosen Kamis, 13 Oktober 2016 pukul 14:25 WITA — Dilihat 568 kali
Bagikan Informasi Ini

sefadroksil

Dosen dan Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin mengikuti Seminar Nasional Kefarmasian, Presentasi Oral dan Kompetisi Ilmiah 2016 (SEFADROKSIL 2016) diselenggarakan oleh Program Studi Farmasi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat hari Sabtu tanggal 8 Oktober 2016 bertempat di Hotel Aria Barito Banjarmasin yang bertema “Prospek Perkembangan Produk Halal dan Aman pada Obat, Makanan, dan Kosmetik”.

Acara dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III ULM Dr. Ir. H. Abrani Sulaiman, M.Sc. Selain pelatihan-pelatihan bidang kefarmasian, kegiatan Seminar Nasional ini rutin diadakan setiap tahun oleh Program Studi Farmasi.  Tema yang diangkat pada seminar nasional ini “Prospek Perkembangan Produk Halal dan Aman pada Obat, Makanan, dan Kosmetik” dengan mendatangkan keynote speaker Dr. Ir.  Anton Apriyantono, MS yang merupakan Menteri Pertanian Periode 2004-2009. Seminar Nasional Kefarmasian ini juga menghadirkan beberapa pembicara lain yaitu Prof. Dr. Irwandi Jaswir (International Islamic University Malaysia), Prof. Dr. Abdul Rohman, M.Si, Apt (Pusat Peneliti Produk Halal UGM/Kaprodi S3 Farmasi UGM) dan Dra. Nurhayati Subakat (CEO PT. Paragon Technology and Inovation). Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin mengirimkan dua dosen untuk mengikuti acara Seminar Nasional tersebut yaitu Amaliyah Wahyuni, S.Si., Apt dan Mochammad Maulidie Alfiannor Saputera, M.Farm., Apt ikut serta dalam acara tersebut. Acara seminar ini di ikuti kurang lebih 300 peserta dari beberapa provinsi yaitu Yogyakarta, Makasar, Medan dan Palangkaraya dengan latar belakang mahasiswa, dosen, praktisi, apoteker dan asisten apoteker.

Selain mengikuti jalannya seminar, kedua dosen Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin juga mengikuti Presentasi Oral dari hasil penelitiannya. Presentasi Oral pada acara tersebut dibagi atas beberapa bidang ilmiah antara lain Bidang Kimia Farmasi dengan salah satu Presentator nya adalah Ibu Amaliyah Wahyuni, S.Si., Apt yang mempresentasikan Penelitian dengan judul “Analisis Kuantitatif Kadar Asam Lemak Bebas Dalam Minyak Goreng Bekas Di Kecamatan Banjarmasin Utara”  dan Bidang Farmasi Klinik Farmasi dengan salah satu presentatornya adalah Bapak Mochammad Maulidie Alfiannor Saputera, M.Farm., Apt yang mempresentasikan penelitian dengan judul “Kesesuaian Penyimpanan Obat High Alert Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Ulin Banjarmasin”.

Adanya seminar nasional kefarmasian ini diharapkan dapat membantu memberikan pengetahuan dan memperkaya wawasan dosen dan civitas akademiki Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang terlibat. Juga tentunya bermanfaat bagi masyarakat terkait perkembangan produk halal dan aman pada obat, makanan, dan kosmetik. Serta diharapkan bisa memberikan pengetahuan mengenai aspek halal dan aman baik dari segi sertifikasi maupun metode analisis serta sebagai media publikasi ilmiah bagi para peneliti dalam bidang kesehatan. (ALFI2016)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas