Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Supervisi Praktek Kerja Lapangan RSUD H. Hasan Basri Kandangan

Filed Under: Kegiatan Mahasiswa Kamis, 23 Februari 2017 pukul 22:43 WITA — Dilihat 300 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar isfi rsud kandangan

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebagai Perguruan Tinggi Farmasi di bidang vokasi senantiasa berkreasi dan berinovasi untuk menghasilkan alumni-alumni yang siap terjun langsung di dunia pekerjaan kefarmasian. Demi menunjang tercapainya tujuan tersebut mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin diterjunkan untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di berbagai fasilitas pelayanan kefarmasian. Salah satu fasilitas pelayanan kefarmasian yang dijadikan lahan PKL untuk mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin adalah Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin melaksanakan PKL di berbagai Instalasi Farmasi Rumah Sakit di Kalimantan Selatan.

Salah satu Instalasi Farmasi Rumah Sakit yang menjadi lahan PKL mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin adalah di Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Pada tahun akademik 2016-2017 PKL di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan dilaksanakan dan sedang berlangsung dari tanggal 1 – 28 Februari 2017. Lima orang mahasiswa ditugaskan untuk melaksanakan PKL di lahan tersebut.

Selama proses pelaksanaan PKL tersebut mahasiswa memadukan dan mensinkronisasi mengenai pengetahuan yang didapat di bangku kuliah dengan kejadian nyata di lapangan. Mahasiswa yang melaksanakan PKL di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan dibimbing langsung oleh para Apoteker di Instalasi Farmasi tersebut. Selain itu mahasiswa yang PKL tetap dapat berdiskusi dengan pembimbing internal dari kampus dengan menggunakan berbagai media pembelajaran online seperti Elearning. Proses diskusi jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi sangat membantu mahasiswa dan dosen dalam membahas pembelajaran yang diperoleh pada saat PKL.

Pada hari Kamis tanggal 23 Februari 2017 Dosen Pembimbing PKL Riza Alfian, S.Farm., M.Sc., Apt melakukan supervisi PKL mahasiswa ke Instalasi Farmasi Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan. Beliau memantau proses pelaksanaan PKL sekaligus berdiskusi dengan mahasiswa terkait ilmu-ilmu kefarmasian yang diperoleh di lapangan. Beliau juga menyempatkan diri untuk bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Instalasi Farmasi Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan M. Syahrial Fazri, S.Si., Apt terkait perkembangan keilmuan mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Diskusi yang dilakukan tersebut juga membahas tentang standar kompetensi kefarmasian apa saja yang perlu ditambahkan agar Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dapat menghasilkan lulusan yang siap kerja dan kompeten. Pada kesempatan tersebut juga dibahas mengenai legalisasi kerjasama yang telah dilakukan antara Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dengan Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan dalam bentuk perumusan Memorandum of Understanding (MoU). MoU yang dibahas terkait pelasanaan PKL, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. MoU tersebut sangat esensial karena kerja sama antara antara Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dengan Rumah Sakit Brigjend. H. Hasan Basri Kandangan dapat berlangsung terus untuk tahun-tahun kedepannya.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas