Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Ujian Akhir Program 2016 Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin

Filed Under: Berita dan Informasi Selasa, 23 Agustus 2016 pukul 11:13 WITA — Dilihat 483 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar isfi bjm

Pada Tanggal 19-20 Agustus 2016 Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin telah melaksanakan Ujian Akhir Program untuk mahasiswa AKFAR ISFI BJM angkatan tahun 2013 sebanyak 137 mahasiswa.

Ujian Akhir program merupakan suatu ujian kompetensi yang bertujuan sebagai sarana persiapan dalam penyelenggaraan ujian kompetensi untuk program studi D3 Farmasi, sehingga diperoleh lulusan ahli madya farmasi yang memenuhi standar kompetensi yang berkualitas,  menguasai dan memahami ilmu serta kemampuan penerapan di bidang farmasi. UAP merupakan salah satu persyaratan kelulusan bagi mahasiswa yang akan mendapatkan gelar Amd. Far (D3 Kefarmasian) ujar Aditya Maulana P S.Farm. M.Farm Apt Selaku Ketua Pelaksana Ujian Akhir Program ini.

Ujian akhir program dilaksanakan di Laboratorium Resep Farmasi ISFI Banjarmasin. Pelaksanaan ujian akhir program ini di uji oleh  12 dosen AKFAR ISFI. Kompetensi yang di ujikan terdiri dari: Pengetahuan Farmasi, Analisis Resep, Peracikan Obat, dan Pemberian Informasi Obat (KIE). Pada pelaksanaannya terbagi menjadi 5 stase, Stase 1 pengetahuan farmasi, Stase 2 dan 3 analisis resep, Stase 4 peracikan obat, Stase 5 komunikasi, informasi dan edukasi obat. Nilai minimal yang harus diperoleh masing-masing mahasiswa agar dinyatakan lulus UAP adalah 70, jelasnya pada saat wawancara disela pelaksanakan UAP.

Dari 137 mahasiswa yang mengikuti UAP sebanyak 86 mahasiswa lulus dan 51 mahasiswa tidak lulus. Bagi 51 mahasiswa yang tidak lulus di beri kesempatan untuk remedial UAP keeseokan harinya (20 agustus 2016). Proses pelaksanaan remedial UAP tidak berbeda dengan pelaksanaan UAP 1 hari sebelumnya, tetap terbagi menjadi 5 stase dan di uji oleh 12 dosen AKFAR ISFI. Hasil reemedial UAP memutuskan 51 mahasiswa yang remedial lulus, tutup beliau. Pak Adit juga mengharapkan hasil dari UAP ini benar-benar memberikan gambaran standard kompetensi yang harus dipenuhi seorang lulusan ahli madya kefarmasian.

(adt, iwn)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas