Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Ujian Komprehensif Bidang Rumah Sakit Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin

Filed Under: Kegiatan Mahasiswa Kamis, 14 April 2016 pukul 18:08 WITA — Dilihat 461 kali
Bagikan Informasi Ini

ujian komprehensif

Praktek Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin di Rumah sakit adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin untuk berpartisipasi dan tugas secara langsung di lapangan dengan sebuah instansi pelayanan kesehatan baik pemerintah maupun swasta setempat untuk memperoleh keahlian di bidang pelayanan, manajemen dan administrasi Rumah sakit. Praktek kerja lapangan dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi di lapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.

Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin telah melakukan PKL RS selama 1 bulan mulai tanggal 1 – 29 Februari 2016, baik di RS Pemerintah maupun swasta. Adapun Rumah sakit yang menjadi lahan PKL meliputi RSUD Ulin Kota Banjarmasin, RSUD Dr. H. M. Ansyari Saleh, RS Islam Banjarmasin, RS Bayangkara Banjarmasin, RS Sari Mulia, RS Bedah Siaga,  RSUD Ratu Zalecha Martapura (Kabupaten Banjar), RSJ Sambang Lihum (Kabupaten Banjar), RSUD Brigjend H. Hasan Basry (Kabupaten Hulu Sungai Selatan),  RSUD H. Damanhuri (Kabupaten Hulu Sungai Tengah), dan RSUD H. Badaruddin Tanjung (Kabupaten Tabalong).

Sebagai wujud pertanggungjawaban atas PKL yang telah dilaksanakan, maka pada tanggal 13 dan 14 April 2016 bertempat di Aula Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin diadakan ujian komprehensif bidang Rumah Sakit dengan mendatangkan para penguji Praktisi dari Rumah Sakit. Ujian komprehensif adalah ujian lisan yang dimaksudkan untuk menilai kompetensi para calon tenaga teknis kefarmasian (TTK), terutama bagaimana cara mereka mensinergikan penguasaan teori dan pengalaman praktis yang sudah didapat pada saat PKL. Diharapkan dengan diadakannya ujian komprehensif PKL bidang Rumah Sakit ini, para mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin (calon TTK) dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang kefarmasian, terutama dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja.

(rth, iwn)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas