Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Ujian Komprehensif PKL Puskesmas Mahasiswa Akfar ISFI Banjarmasin

Filed Under: Kegiatan Mahasiswa Selasa, 12 April 2016 pukul 14:25 WITA — Dilihat 424 kali
Bagikan Informasi Ini

ujian komprehensif PKL

Dengan adanya instalasi kesehatan seperti puskesmas sangatlah membantu menjaga kesehatan masyarakat, tetapi sejalan denngan perubahan puskesmas harus mampu mengelola alat kesehatan, obat – obatan dengan baik.

Puskesmas adalah suatu kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan  pusat pengembangan kesehatan masyarakat, membina peran serta masyarakat, memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Oleh karena itu puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya. Puskesmas tersebar hampir di berbagai daerah biasanya selalu ada di tiap kecamatan dengan jangkauan luas daerah operasional yang sesuai.

Puskesmas menyelenggarakan upaya yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata dapat di terima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat di pikul oleh pemerintah dan masyarakat.

Dalam sarana kesehatan puskesmas, farmasi merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang pelayanan kesehatan. Profesi Farmasi  saat ini telah mengalami perkembangan yaitu dari orientasi pada obat berubah menjadi orientasi pada pasien bentuk pelayanan dan tanggung jawab langsung profesi farmasi dalam pekerjaan kefarmasian untuk mencapai tujuan akhir yaitu peningkatan kualitas hidup pasien.

Pengalaman belajar merupakan hal yang sangat penting bagi mahasiswa untuk mencapai keberhasilan dalam tujuan pendidikan yang dapat diperoleh melalui pendidikan di kelas, laboratorium maupun lapangan. Untuk mencapai pengalaman belajar, pada tatanan yang nyata dan komprehensif sehingga siswa dapat lebih siap dan mandiri, maka di laksanakan pengantar praktek kerja lapangan pada Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Dengan adanya pengantar praktek kerja lapangan para siswa dapat mengetahui langsung kondisi dan situasi pada dunia kerja, sehingga mampu belajar menghadapi berbagai tantangan dalam dunia kerja dan belajar untuk menganalisis suatu gejala dan masalah agar kelak dapat diaplikasikan langsung pada pasien dengan diberi bimbingan dan pengarahan

Praktek Kerja Lapangan (PKL) ini juga merupakan salah satu bagian dari program peningkatan kompetensi mahasiswa agar bisa menjadi tenaga kerja di bidang kefarmasian yang siap pakai. Dengan pelaksanaan PKL diharapkan mahasiswa dapat melakukan sinkronisasi antara hasil perkuliahan yang didapatkan dengan kenyataan yang ada di lapangan. Pada tahun ajaran 2015-2016, mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin melaksanakan PKL Puskesmas di 33 Puskesmas yang tersebar di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Output dari PKL Puskesmas yang diperoleh oleh mahasiswa akan diuji dalam bentuk ujian komprehensif. Ujian komprehensif PKL Puskesmas dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 11-12 April 2016 di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Penguji yang diminta menguji pada ujian ini adalah para ahli/expert di bidang pelayanan farmasi di Puskesmas. Mereka adalah paran Apoteker-Apoteker yang yang mengelola pekerjaan kefarmasian di Puskesmas.

(rza, iwn)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas