Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Upgrade dan penyegaran kader Career Center Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin

Filed Under: Kegiatan Dosen Senin, 9 Mei 2016 pukul 11:25 WITA — Dilihat 585 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar isfi banjarmasin

Seminar dan Workshop Tracer Study di ITB Bandung dan Indonesian Career Center Summit 2016 (Indonesian Career Center Network, ICCN)

 

Seminar dan Workshop Tracer Study (TS)

Hal penting yang dicita-citakan Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin adalah menghasilkan alumni bermutu bagi semua user dan stake holder.Dengan demikian, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin merasa perlu mengetahui sejauh mana sumbangsih para alumni di dunia kerja. Tracer study diharapkan mampu menyimpulkan bagaimana keberhasilan dan kesesuaian pendidikan yang dilaksanakan kampus terhadap tuntutan dunia kerja. Hasil dari pelaksanaan tracer studydapat dijadikan parameter, referensi dan feed back bagi dosen dan civitas akademika, baik dalam mengajar maupun penyusunan kurikulum.

Sebagai bentuk upgrade dan penyegaran, Pusat Karir (Career Center) Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebagai pelaksana teknis tracer study,mengirimkan kadernya untuk mengikuti Seminar dan Workshop Tracer Study yang dilaksanakan pada hari Senin, 2 mei 2016 oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) Career Center. Seminar dan Workshop inidiikuti sebagai salah satu bentuk persiapan pelaksanaan Hibah Tracer Study2016 yang diraih oleh Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebelumnya.

Seminar dan Workshop Tracer Study memaparkan dengan detail hasil analisis dari pelaksanaan Tracer Study ITB dan Survey Kepuasan Pengguna. Hasil kinerja ini layak untuk diadaptasi, mengingat keberhasilan ITB dalamresponse ratepelaksaanaan tracer study sangat tinggi dan meningkat tajam ditahun 2015 (>90%). Selain itu, turut dijelaskan pula Metode Insider dan Riset Statistik dalam pelaksanaan tracer Study. Sebagai pelengkap, diakhir acara dilakukan peluncuran dan pelatihan open source IT Tracer Study. Software ini tentu sangat membantu pelaksanaan Tracer study itu sendiri.

Indonesian Career Center Network (ICCN) : Indonesian Career Center Summit 2016

Rangkaian kegiatan hari berikutnya adalah Indonesian Career Summit 2016 yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 mei 2016. Acara yang dilaksanakan Indonesian Career Center Network (ICCN) mengangkat tema “Peningkatan Kualitas SDM Indonesia di Era MEAMelalui Penguatan Peran Pusat Karir”. Acara yang dilakukan setiap tahun tersebut mengundang seluruh anggota ICCN yang berjumlah melebihi 100 peserta. ICCN sendiri merupakan suatu lembaga jaringan yang beranggotakan ketua pusat karir lembaga di seluruh Indonesia.

Hari pertama dibuka dengan kata pengantar oleh Presiden ICCN serta seminar oleh Prof. Didin Wahidin dari Kemenristek Dikti. Kemudian dilanjutkandengan sesi Talkshowdimana para peserta diajak berdiskusi dengan berbagai narasumber yang membahas tentang pentingnya pusat karir (Career Center) dalam meningkatkan kualitas SDM. Berbeda dengan kegiatan hari pertama yang hanya memfokuskan perbincangan pusat karir dengan pemerintah, hari kedua lebih banyak diisi dengan discoussion group. Pada sesi ini, setiap peserta yang terbagi dalam grup kecil dapat bertukar ide dan pengalaman serta membuat jejaring antar Pusat Karirdariperguruan tinggi yang berbeda.

Manfaat besar dirasakan oleh para peserta termasuk perwakilan dari Pusat Karir Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin. Pusat KarirAkademi Farmasi ISFI Banjarmasin sendiri berada dibawah Bidang kemahasiswaan dan alumni yang masih tergolong baru. Oleh karena itu, dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan peran serta Pusat Karir Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin untuk meningkatkan potensi SDM Indonesia menghadapi MEA.

(NAC)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas