Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Voice of AKFAR ISFI – iradio Banjarmasin 90.10 fm

Filed Under: Berita dan Informasi Jumat, 26 Agustus 2016 pukul 10:17 WITA — Dilihat 473 kali
Bagikan Informasi Ini

akfar isfi radio

Siaran Radio AKFAR ISFI Banjarmasin

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasi telah membangun kerjasama dengan Iradio Banjarmasin. Kerja sama ini sebagai wujud dari salah satu pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat. Rutin setiap sebulan sekali civitas akademika Akfar ISFI Banjarmasin melakukan siaran langsung dan tanya jawab dengan masyarakat pendengar setia iradio. Adapun tema yang diangkat adalah seputar permasalahan obat, dunia kefarmasian dan kesehatan pada umumnya. Kegiatan ini juga melibatkan mahasiswa khususnya pengurus BEM.

Pada kesempatan hari Rabu, 24 Agustus 2016 acara yang diberi label Sehati, sehat bersama iradio ini menghadirkan nara sumber Direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Yugo Susanto, Ssi., M.Pd., Apt. Tema yang diusung adalah persoalan Kepatuhan dalam Pengobatan. Beberapa hal yang terungkap dalam diskusi dan tanya jawab yang berlangsung hangat di pagi jam 08.00 sd 09.00 itu diantaranya bahwa penting bagi pasien yang mengkonsumsi obat untuk melakukannya secara teratur dan sesuai petunjuk pemakaian. Kepatuhan pengobatan akan berdampak pula pada keberhasilan terapi. Menurut WHO 20-40% persen kepatuhan pasien dalam melaksanakan program terapi tergolong rendah, dan mengakibatkan kegagalan terapi.

Salah satu solusi yang coba ditawarkan adalah dengan sistem reminder (pengingat minum obat). Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sebagai kampus diploma tiga farmasi yang bervisi TIK sangat konsern dalam pengembangan di bidang ini. Beberapa penelitian telah dilakukan terkait penggunaan sistem reminder, baik melalui SMS maupun dengan aplikasi berbasis andoroid atau ios. Hasilnya sangat baik, dimana terjadi penngkatan kepatuhan minum obat. Reminder ini sangat berguna terutama bagi pasien penderita penyakit kronis. Pasien kronis merupakan kelompok pasien yang memerlukan konsumsi obat secara teratur dalam jangka waktu lama, misal pasien Diabetes Mellitus, Hipertensi, TBC, dsb.

Saat ini Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sedang mengembangkan sendiri aplikasi berbasis android. Program aplikasi ini nantinya berguna sebagai reminder minum obat. Kelak aplikasi ini akan dipasang di play store dan dapat diunduh free oleh setiap pengguna smart phone sebagai bentuk kontribusi kampus Akfar ISFI Banjarmasin untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (Yugs 2016)

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas