Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

WORKSHOP PENULISAN ARTIKEL DAN PUBLIKASI INTERNASIONAL

Berita dan Informasi Rabu, 3 Januari 2018 pukul 09:47 WITA — Dilihat 195 kali
Bagikan Informasi Ini

IMG-20171230-WA0008

Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin merupakan salah satu perguruan tinggi vokasi  di bidang kesehatan yang senantiasa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin setiap tahunnya melahirkan alumni yang memiliki semangat juang tinggi, pemikiran – pemikiran yang kritis, kreatif, mandiri, dan inovatif. Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri dari tiga unsur yaitu (1) pendidikan dan pengajaran; (2) Penelitian dan Pengembangan;(3) Pengabdian kepada Masyarakat. Tri Dharma Perguruan Tinggi bukan hanya menjadi tanggung jawab mahasiswa. Seluruh dosen (pendidik), serta orang – orang yang terlibat dalam proses pembelajaran ( sivitas akademik) memiliki tanggung jawab yang sama.

Peran dosen dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya ialah melakukan penelitian. Hasil dari akhir sebuah penelitian ialah publikasi jurnal ilmiah. Hasil penelitian harus dipublikasikan agar memiliki dampak bagi perkembangan ilmu. Selain itu publikasi jurnal ilmiah merupakan bagian dari kenaikan jabatan fungsional akademik seorang dosen. Membuat artikel penelitian dan publikasi pada jurnal internasional tidaklah mudah karena setiap jurnal dan penerbit jurnal memiliki standar tersendiri.

Hari Sabtu, 30 Desember di penghujung tahun 2017 Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang diwakili oleh Eka Kumalasari, M. Farm., Apt mengikuti acara Workshop Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi di Swiss Belhotel Borneo Banjarmasin. Workshop ini di adakan oleh STKIP Singkawang yang bekerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia. Pembicara pada workshop tersebut ialah Assoc. Prof. Dr. Edy Herianto Majlan, Amicheme yang merupakan seorang dosen pada Universiti Kebangsaan Malaysia yang sudah melahirkan banyak artikel pada jurnal internasional.

foto 1

Assoc. Prof. Dr. Edy Herianto Majlan, Amicheme pada workhsop memberikan tips-tips agar artikel dapat diterima pada jurnal internasional. Beliau juga memaparkan bagaimana kualitas sebuah artikel layak untuk masuk di jurnal internasional. Workhsop ini juga mengajarkan penggunaan aplikasi Software Mendeley. Mendeley merupakan aplikasi software yang dapat menyimpan artikel penelitian sebagai sumber bacaan ataupun referensi. Mendeley sangat membantu setiap peneliti dalam menulis sebuah artikel, setiap referensi akan tersimpan dan muncul secara otomatis sebagai citation dan daftar pustaka yang mengikuti tata cara penulisan yang benar.

Workshop ini diharapkan setiap peneliti khususnya dosen memiliki kemampuan yang lebih meningkat dalam penulisan sebuah artikel pada jurnal internasional.  Dosen yang mewakili setiap perguruan tinggi juga diharapkan mampu membangkitkan semangat untuk menulis dosen lain yang merupakan rekan kerja  dan Tim peneliti (Eka, 2018).

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas