Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

Hipertensi Akibat Penggunaan Pil KB

Kegiatan Dosen Friday, 8 November 2019 pukul 15:17 WITA — Dilihat 78 kali
Bagikan Informasi Ini

AKFAR ISFI NEWS – Rabu tgl 6 November 2019, Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yang diwakili oleh 2 orang dosenya itu Ibu Eka Kumalasari, M.Farm.,Apt beserta Bapak M.M Alfiannor S, Apt  melakukan pengabdian kepada masyarakat, dimana pengabdian ini bekerjasama dengani-radio Banjarmasin. Bentuk kerjasama ini dilakukan rutin setiap bulan di hari rabu dalam bentuks siaran radio dengan menagmbil topic seputar farmasi dan kesehatan. Para pendengarpun di beri kesempatan untuk berdialog interaktif dengan narasumber mellaui telepon.

Siaran radio kali ini mengambil tema tentang Hipertensi Akibat Penggunaan Pil KB.  Mengapa kita perlu mengetahui kontrasepsi hormonal dapat menyebabkan Hipertensi?

Salah satu metabolisme yang dipengaruhi oleh ketiga jenis kontrasepsi hormonal ini adalah pengaturan tekanan darah. Beberapa metabolisme lain yang juga dapat dipengaruhi pil KB, suntik KB maupun susuk KB adalah pengaturan gula darah dan pengaturan kolesterol.

Pengaruh terhadap metabolisme ini membuat ketiga jenis kontrasepsi hormonal ini dapat mempengaruhi kenaikan tekanan darah. Untuk itu, penting bagi perempuan pengguna kontrasepsi hormonal untuk memeriksa tekanan darah secara rutin, baik di klinik maupun di rumah dengan alat tensimeter yang akurat.

Meski bisa mempengaruhi tekanan darah, bukan berarti penggunaan kontrasepsi hormonal ini buruk. Penggunaan kontrasepsi hormonal sudah terbukti aman dan diterima di seluruh dunia. Di samping itu, kontrasepsi juga sangat bermanfaat dalam mewujudkan keluarga berencana.

ORANGE CAMPUS ACADEMY TO BE SMART CAMPUS TO CREATE SMART PEOPLE SUPPORTING BY SMART TECHNOLOGY

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas