Telepon Kami:+62 (511) 3301610
 

KKL Industri Day 3 – Kunjungan UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu

Berita dan Informasi Wednesday, 20 November 2019 pukul 14:32 WITA — Dilihat 133 kali
Bagikan Informasi Ini

AKFAR ISFI NEWS – Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin merupakan perguruan tinggi yang bergerak di bidang vokasi, dimana lulusan yang dihasilkan memiliki Kompetensi Keahlian dan lulusan siap untuk bersaing di dunia kerja. Kompetensi keahlian di dapat dari praktek lahan kerja. Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu matakuliah wajib bagi mahasiswa semester akhir. Agende kegiatan KKL ini di laksanakan dari tanggal 16-26 November 2019.

Hari ini rabu, tanggal 20 November 2019 merupakan KKL hari ketiga yang bertempat di Aula UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini di dampingi oleh 4 dosen Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin yaitu Ibu Erna Prihandiwati, S.F., M.Farm., Apt selaku Direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Ibu Amaliyah Wahyuni selaku Wakil Direktur II Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin, Ibu Novia Ariani, M.Farm., Apt selaku kepala Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) dan Bapak Mochammad Maulidie Alfiannor Saputera, M.Farm., Apt selaku Kepala Bagian Kemahasiswaan, Pengembangan Karir dan Alumni (KPKA).

Susunan acara hari ini yaitu dimulai dengan registrasi kemudian pemberian sambutan oleh direktur Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dan perwakilan dari UPT Laboratorium Herbal Materia Mediaca Batu.

Acara dilanjutkan dengan pemberian pretest kepada peserta untuk mengukur pengetahuan sebelum pemberian materi dan pelatihan. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pihak Materia Medica Batu dalam pembuatan sabun padat, manisan herbal (jahe) dan lilin aroma terapi. Lalu dilanjutkan dengan pengolahan produk jadi tanaman obat herbal.

Terakhir dilakukan postest untuk mengukur tingkat pengetahuan setelah pemaparan materi dan pelatihan pembuatan produk dan diakhir dengan penutup. UPT laboratorium Materia Medica Batu memiliki lebih dari 1000 spesies tanaman obat, selain itu juga UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu merupakan pusat penelitian tanaman obat herbal di Provinsi Jawa Timur.

Dosen dan Mahasiswa Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin sangat antusias dalam mengikuti rangkaian acara tersebut. Dengan harapan materi pembelajaran dan pelatihan dapat dikembangkan juga di Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin dalam pembuatan produk unggulan.

 
 
 
 
Silakan komentari atau diskusikan informasi di atas